Mereka tidak menggunakan Inggris?

OK, Paris tidak pernah terlintas dalam pikiran saya, Pergi ke rumah karib saya di Norwegia dan ke belanda seperti mimpi masa kecil kami sudah cukup, dan Paris...apa yang ada di Paris? Eiffel? tidak juga. But it was a really beautiful surprise.

Ada apa di Paris? saya tidak mengerti bahasanya, sekalipun saya mengoleksi Cd lagu-lagu bukan berbahasa Inggris dan bhs.perancis adalah salah satu yang saya koleksi. Tidak pernah mempelajarinya karena saya bahkan sudah menyerah sebelum memulai. Mereka bilang konon masyarakat Perancis terlalu mengagumi bahasa mereka, bahkan untuk berbicara dengan turis mereka enggan menggunakan bahasa Inggris, saya tidak tahu kurikulum yang diajarkan, lalu mengapa banyak yang bilang orang Perancis enggan mempelajari bahasa asing? mengapa mereka sangat mengagumi bahasa mereka? (jangan bicara tentang nasionalisme disini ya? define nationalism, nasionalisme saya juga tidak sekedar lagu kebangsaaan bendera merah putih dan Garuda saja).

Satu hal yang menarik adalah, ketika saya dan karib saya mampir kesebuah toko buku ketika kami hendak mengunjungi musee du louvre, kami membeli postcard yang menarik perhatian kami, namun kami tak tahu apa cerita didalam gambar postcard itu. Saya bertanya kepada penjaga toko seorang mas chubby berambut keriting berkacamata minus dan tampan, si mas bercerita dengan bhs. Inggris yang...uhmmm saya tidak mengerti, dia mencampur bhs.inggris dan lebih banyak perancis "its uhmmmm its an oldtimes fashion, like uhmmmm comic you know comic?" saya mengangguk, kemudian seorang ibu disamping saya membuka mantelnya dan mengambil postcard dari tangan saya kemudian mulai menjelaskan dan ohh saya masih tidak mengerti, apakah si Ibu berbahasa Inggris dengan aksen perancis yang medok sehingga tak jelas oleh saya atau apaka beliau menggunakan perancis atau menggunakan ke duanya?  namun apapun itu they were so nice, entah karena mereka memang nice atau karena kami turis yang sedang mengunjungi tokonya "potential customer" gitu. Namun saya dan karib saya sepakat bahwa meskipun mereka tidak berbahasa Inggris dengan baik namun tampak sekali bahwa mereka berusaha keras untuk menjelaskan kepada kami cerita dalam postcard yang kami beli, padahal ssssttt kami hanya membeli beberapa postcard, tidak banyak.
                                                           
postcard ini yang menarik perhatian kami


                                                     

                             


















Comments

  1. Oui, merci.
    Aksen Perancis akan sangat kental ketika orang Perancis berbicara dalam bahasa Inggris. Aku juga ekstra buka telinga kalau yang bicara orang Perancis, Hungaria atau Belgia. Thick accent, eh?

    ReplyDelete
  2. Itulah, tingkat kesulitan yang tinggi untuk sistem otak ku yang masih DOS ini :D.
    hey...thanks for stopping bye

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts