Bacaan segala usia

Kalau bukan karena kawan, saya nggak akan terlalu merhatiin buku cerita anak-anak, saya kira waktu itu masanya sudah lewat. Jadi sejak kerja paling saya ngumpulin buku fiksi dan non-fiksi. Buku cerita anak? mungkin sejak belajar di Erasmus Taal centrum pas nggak sengaja nemu Jip en Janneke. Sebenarnya itu juga rekomendasi docent di kelas kami, karena bagus buat belajar bhs. Belanda font size nya yang besar ilustrasi gambar dan terlebih bahasanya yang sederhana,  ternyata Jip en Janneke adalah versi asli buku di SD Tini dan Tono, dulu buku itu antrian pinjamannya di perustakaan panjang.

Di Indonesia nggak banyak pengarang anak-anak, saya sempat baca Clara NG tapi ceritanya dengan segala pesan moral lebih ditujukan pada usia anak-anak 3-5th dan gambar yang menarik menjadi semacam buku bacaan sebelum tidur. Buku cerita anak yang bisa dibaca oleh segala usia itu menurut saya sebatas yang pernah saya baca Totto Chan - Tetsuko Kuroyanagi, Nawilla - Reda Gaudiamo dan cinta saya selalu Jip dan Janneke - Annie M.G Schmidt yang Alhamdulillah sudah diterbitkan lagi dalam bahasa Indonesia dengan nama asli Belandanya.

koleksi pribadi

Sayangnya gambar ilustrasi dalam buku Totto Chan terlalu sedikit dan kurang banget nunjukin karakter Jepang nya, beda dengan Nawilla dan Jip en Janneke yang pada setiap halaman cerita di masukkan gambar ilustrasinya. Pada Nawilla ilustrasinya semacam goresan pensil, gambarnyapun sangat menarik.

Comments

Popular Posts