Bakso ala Malang

Hari pertama lebaran kami kerumah bulek (=tante,adik dari ibu/ayah), disana bulek menjamu saudara dan tamunya dengan makanan dan bakso. Pastinya yang paling banyak diserbu adalah bakso. Hari kedua kerumah budhe (=tante,kakak dari ibu/ayah) saya dijamu dengan bakso lagi. Hari ketiga saya sempatkan jalan-jalan dengan sahabat lama saya ke kota dan saya perhatikan semakin banyak saja warung-warung bakso dikota saya ini. Bahkan saat acara silaturahmi paman mengundang teman-teman kerjanya dia menyediakan bakso. Bakso seolah makannan favorit siapa saja dari piyik (anak-anak) sampai yang tua.

Bakso Malang memang populer dimana-mana ya, bahkan sebuah warung bakso asal malang telah membuka frenchise di beberapa kota di negri ini. Setiap akhir minggu saya  menyempatkan ke warung frenchise untuk makan bakso sekedar obat kangen rumah.

Sudah banyak tahu bahwa yang disebut bakso sebenarnya adalah olahan daging yang dibentuk bulat seperti bola. Bakso malang cukup populer kenapa? bakso malang terdiri atas bakso daging bulat  yang disebut pentol, kemudian ada tahu goreng atau tahu putih rebus kadang tahu ini diisi aci kalau yg porsiannya lebih mahal aci-nya dicampur dengan olahan daging, ada juga gorengan adalah kulit pangsit diisi mie atau olahan   isian siomay kemudian digoreng dan ada siomay rebus. Bedanya dengan bakso lainnya? Bakso solo misalnya yang berjualan didekat kampus saya seporsi bakso isinya bakso bulat itu saja.

Bakso malang di salah satu franchise di mall Jakarta

Banyak teman saya di jakarta yang menyebut bakso malang adalah bakwan malang, disebut bakwan adalah gorengan tahu dan  kulit pangsit isi. Di jakarta ada beberapa warung / depot bakwan malang, Padahal sejak saya masih di Malang sampai kemarin saya berada di sana saya tidak menjumpai warung bakwan malang.

Sekali saya mengajak karib saya berkunjung kerumah dan saya traktir bakso gerobak ala abang-abang dia berkata "bakso abang-abang disini aja enak", jangan salah bakso gerobak abang-abang di malang rasanya bisa lebih enak dibanding bakso di depot atau restoran di Jakarta.

Jadi malang tidak hanya dikenal sebagai kota apel atau kota bunga mungkin itu dulu karena saya tidak lagi menjumpai beragam bunga ditanam dikota ini namun Malang saat ini lebih dikenal dengan julukan kota bakso, bakso ala malang tentu saja.


Comments

Popular Posts