Bawang merah Bawang putih

Saya musti berterimakasih pada Allahswt bahwa ada bumbu andalan bernama bawang merah dan bawang putih kayaklagiberasaberdiridipodiumdapataward. Saya nggak akan bilang hoby memasak hanya kadang suka kangen bikin masakan sendiri tanpa penyedap masakan vetsin.

Nah loh, ini bukan cerita si bawang merah dan bawang putih, melainkan cerita saya yang mengakrabkan diri dengan jenis bumbu yang salah satu atau keduanya nyaris ada dihampir setiap masakan Indonesia adalah si bawang merah dan bawang putih.

Kalau kangen rumah pengen bikin masakan macam soto atau rawon hanya sayangnya terlalu banyak macam bumbu saya udah keder duluan plus malas. Macam bumbunya terlalu banyak musti ada jahe kunyit daun jeruk dan macam macam lainnya sedang saya jarang banget masak, sayang kalau beli tapi trus ga kepake akhirnya busuk dan kebuang mubazir.

Walhasil masakan saya dari yang tumisan dan berkuah hanya mengandalkan bawang merah dan bawang putih saja biasanya juga nyetok bawang bombay yang juga saya masukkan di masakan saya karena saya suka aroma bawang bombay.

Tempo hari saya bikin sambel bajak, dah siapin cabe keriting dan cabe rawit  saya  ulek. Bawang merah bawang putih saya ulek kasar kasih rajangan bawang bombay saya tumis kemudian saya masukkan ulekan cabe masukkan tomat (tomat bisa di ulek halus atau di poting2 ntar hancur sendiri). Sudah deh jadi sambel bajaknya tanpa terasi karena nggak punya.

Ternyata saya bukan satu-satunya, pas nginep di apartemen kawan baik saya wien juga stok bawang merah bawang putih, sempat dia masakin saya sayur wortel brokoli jagung manis bumbu bawang merah bawang putih sedikit merica bubuk jadi deh sayur sop.

Saya kabari sahabat saya sambil kirim foto via watss app "sambel bajak pake bawang bombay gimana rasanya?" Tanya sahabat saya, lah lha wong saya masak masak sendiri makan makan sendiri  enak aja deh no complain :)


Sambel bajak dengan bawang bombay ala saya, kebanyakan bawang bombay juga bikin mblenger

Sambel bajak ala saya 

Sayur sop ala wien


Comments

  1. Aku juga terlalu suka masak, tapi sejak jauh dari warung Padang jadi harus selalu masak :D
    Bawang merah-putih emang kemana2 dipake ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bawang merah putih itu dimana mana. Sedangkan masakan indonesia itu kaya rempah tapi saya malas & ga kreatif makenya bawang merah putih aja hehehe

      Delete
  2. Kayaknya kita sama deh, Mbak Roes. Bumbu yang sering nongkrong di dapur cuma bawang merah dan bawang putih hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haahaha bumbu andalan mereka ini ya :)

      Delete
  3. Wah hebat ya Mbak Ru udah bisa terbiasa gak pake vetsin. Kalau saya nggak pernah masak. Lebih simpel beli langsung lauk yang udah jadi (anak kos banget). Jadi sudah pasti masakannya nggak jauh-jauh dari vetsin plus bumbu instan. Gak sehat sih, tapi masih sulit mau move on :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya kalau hari libur atau akhir minggu saja mbak sofi pas masak sendiri tuh nggak pake vetsin, kalo pas lagi weekdays musti kerja ya pasrah Bismillah insha allah dikasih sehat soalnya masakan warung cenderung banyakan yg pakai vetsin :)

      Delete

Post a Comment

Popular Posts