Eid Mubarak Selamat Idul Fitri 1436H

"kenapa musti minta maaf ke setiap orang? ini bukan lebaran?" protes saya kepada ibu ketika saya berumur 10tahun, pasalnya setiap silaturahmi (bertemu, bertamu kerumah orang ataupun ada yang bertamu kerumah kami) ketika saling berpamitan ibu pasti menyisipkan "nyuwun ngapunten nggih menawi wonten lepat" (mohon maaf ya kalau saya ada salah), saat itu ibu berujar tidak perlu menunggu lebaran untuk saling memaafkan, ketika kita bertemu atau bersilaturahmi ke kerabat teman atau saudara mungkin ucapan dan perbuatan kita membuatnya sakit hati, umurpun kita tak tahu jadi sebelum ajal menjemput sempatkan untuk meminta maaf kepada siapapun. 


Ramadhan memang bulan seribu bulan , bahkan semua kitab samawi/ kitab Allah  (Abrahamic's faiths) selain Al-Quran konon juga diturunkan ketika Ramadhan, sayang saya lupa sumber&hadistnya. Ramadhan adalah ketika amal&ibadah umat muslim yang menjalankan dilipat gandakan pahalanya. Buat saya pahala itu bonus, yang penting bagi saya lakukan yang terbaik seperti perintah Allahswt  sisanya serahkan pada Allah. 

Yang pasti saya tidak berpuasa agar bisa memaafkan orang lain (eh jangan salah ada loh yang mengira begitu :) ), Sama sekali yang begitu bukan tujuan &esensi puasa Ramadhan atau puasa sunnah apapun lainnya dalam Islam. 

Maka Idul Fitri adalah momen yang tepat untuk saling memaafkan Allahswt pun adalah Maha pengampun, dan tentunya dikemudian hari tidak melakukan kesalahan yang sama, belajar dari pengalaman agar menjadi insan yang lebih baik.

Sholat Id memang sudah lewat, minggu kemarin ribet dengan persiapan mudik dan tiba dirumah banyak keluarga yang datang. Mumpung masih shawal saya pemilik blog ecek-ecek Catatan Kaki  roesjournal.blogspot.com mengucapkan Taqabbalallaahu Minna Wa Minkum. Mungkin catatan ecek-ecek saya  atau komentar saya ketika blogwalking tidak mengenakkan hati yang baca, saya mohon maaf, saya sedang dan terus belajar insha allah akan lebih berhati-hati. Selamat merayakan dan menikmati (sisa) ke Ria-an Idul Fitri off&On line. 





Comments

  1. Replies
    1. Terimakasih mbak non, maaf lahir batin juga :)

      Delete
  2. Mohon maaf lahir dan batin ya, Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf lahir batin juga pak Akhmad, terimakasih

      Delete
  3. Selamat idul fitri minal aidin walfaidzin mohon maaf lahir dan batin juga ya Mbak Ru, barangkali komentar saya di blog ini ada yang kurang berkenan. Maaf selama di kampung halaman saya gak pernah blogwalking, sinyal di sini subhanallah sekali :( Eid Mubarak :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak sofi, selamat menikmati libur lebaran juga. Ini signal dikampung saya juga tumben lagi bagus padahal biasanya bikin mati gaya :)

      Delete
  4. Ied Mubarak.... Mohon maaf lahir batin. Semoga dipertemukan dengan Ramadhan tahun depan. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak zulfa, amiiin insha allah dipertemukan dengan Ramadhan lagi

      Delete

Post a Comment

Popular Posts