Krisis air bersih


Sumber gambar pinjam dari sini
Musim kemarau panjang, banyak kekeringan dan kekurangan air bersih. Di tempat saya di Jakarta juga lagi  krisis air bersih, sejak bulan lalu air tanah yang keluar keruh banget mesin pompa air nya maksa nyedot air ke atas yang keangkat malah air bercampur tanah, keruh, ga jernih seperti biasanya. Kemarin akhirnya diputusin nurunin mesin ke sumur sekitar 6-7M lebih dalam  biar air bisa lebih jernih. 

Saya pikir, mbok ya jangan pas weekdays kalo pas weekend aja kan bisa ngungsi ke mana yang ada airnya. Bener  aja pulang kerja air keruhnya kebangetan warnanya orange kecokelatan keruh campuran tanah. Pulang kerja ga pake mandi cuma ngebasuh badan pake air galon, sikat gigi juga. Kalo kata teman saya "badan dan gigiku fokus mbak, kan aku pake air A***".

Teman saya yang tinggal di Jagakarsa-jakarta selatan sumurnya juga lagi kering, ga ada air di rumahnya. Sehari-hari sampe urusan toilet juga pake air galon. Sampai akhirnya dia minta air tetangga yang kebetulan sumurnya ga kering, dia bayar koq ke tetangga. Tapi sehari-hari dia numpang mandi di masjid "ada hikmahnya, bangun pagi aku langsung ke masjid jamaah subuh trus mandi di masjid, pulang dah  seger abis tu berangkat kerja. Kalo nggak gini aku ga akan ikut jamaah subuh" eh urusan mandi di masjid teman saya juga bayar koq masukin uang ke kotak amal dengan niat satu untuk beramal yang satu buat bayar urusan toilet.

Pas curhat ke beberapa teman saya juga disaranin numpang mandi di masjid. Di tempat saya? Masjidnya ga ada toilet, adanya tempat wudhu aja. Berhemat air, saya masukin air ke kulkas buat campuran mandi pagi biar ada brasa seger dinginya meski cuma mandi pake sedikit air, mandi bebek istilahnya. Dulu di kos, kami sempat berantem sama satu cewe yang hobynya ga pedulian banget sama air. Nampung air di ember sampe tumpah-tumpah kebuang percuma tapi dia pergi ga tau kemana. Di tegur baik-baik tapi dianya yang marah-marah. Bukan soal bisa bayar tarif air, tapi yang lain-lain kekurangan air yang lainya malah foya-foya ngebuangin air. Ga bijak.


Ribet kalo ga ada air, katanya a person can live about a month without food, but can only live about a week without water, kalo teman saya bilang even it would be difficult to live a day without water. ya begitu deh, namanya air itu sumber kehidupan penting banget buat keberlangsungan makhluk hidup. Semoga segera turun hujan ya Biar ga terlalu lama kekeringan ini. 


*ngetiknya pake si jerileno (hapesaya)

Comments

  1. Ya Allah pakai air galon untu kebutuhan sehari-hari..Berat diongkos banget ya Mbak Ru..Nah kalau sdh begini aku baru nyesal suka buang air percuma :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe cukup berat hidup kawan saya beberapa bulan ini berat diongkos. Ngerasain ga ada air cukup stress juga ga mandi rasanya badan lengket hehehe

      Delete
  2. Udah waktunya kita gak boleh buang2 air lagi ya :O

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyya ga boleh boros air, meski mampu bayar tagihannya

      Delete
  3. Sebenarnya udah mulai kerasa ya krisis air ini :(
    Dibeberapa tempat di sumut juga ada yang kesusahan air sejak lama.

    ReplyDelete
  4. dimana2 kan lagi kering banget emang pertengahan tahun ini , bukan di Jakarta aja lho, di California jg, sampai kalau ada yang buang2 air kayak untuk nyemprot tanaman atau isi pool bisa kena denda kalau ketahuan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. USA juga? Hadduh ngeri kalodimana-mana sedang tmn saya marin ngirim video di kampungnya kalinya banjir lumayan gede. Waaah kayaknya itu ide bagus denda karena pemborosan

      Delete
  5. Habis berapa kalau pakai air galon? Klo nggak ada air memang sesuatu, berasa kehidupan berhenti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wes ga weruh habis brapa mbak hehehe, stress juga krisis aur bgini :)

      Delete
  6. Pernah 3 hari air ngak keluar, akhirnya ngungsi ke rumah sodara :-(

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts