Spaghetti seblak

Variasi saus spaghetti cita rasa lokal.

Belakangan ini saya ketagihan seblak sampai-sampai saya di protes kawan baik saya. Seblak, makanan khas Bandung yang populer sejak th 2000-an. Meskipun menurut wikipedia Yang menyebutkan bahwa berdasarkan beberapa sumber, Seblak atau kerupuk godhog ( godhog = rebus. Bhs. Jawa) berasal dari satu daerah di jawatengah bernama Sumpiuh ini sudah populer sejak tahun 1940-an berarti jauh lebih lama dibanding dengan Bandung.

Awal nyicipin ketika ibu penjaga kos bikinin kami makanan ini. Sejak itu rasanya pengen dan kepengen lagi.  Yang saya suka dari seblak  adalah rasa dan aroma kencurnya yang kuat. Seingat saya, berdasarkan pengalaman pribadi tidak banyak masakan dengan bumbu kencur yang terasa kuat, aromanya pun segar. Saya yang tidak hafal nama bumbu, setiap mencari bumbu dapur jenis ini selalu mengingat aroma salah satu jamu  favorit saya "jamu beras kencur" dan kali ini saya juga akan mengingat aroma seblak.

Baca beberapa blog yang bercerita tentang betapa Seblak yang saat ini variatif  bisa berupa kerupuk makaroni miekwetiau dengan campuran telor sosis bakso atau ceker. Saya lebih suka seblak original, yaitu Seblak kerupuk karena teksturnya yang kenyal, tanpa campuran lain sudah cukup.

Saya pun  jadi mikirin pertanyaan kawan baik saya ini "seblak itu nama makanan atau nama bumbunya?". Sebab, kalo dilihat dari isi dan campurannya kan bisa bervariasi meskipun bumbu seblak ya itu-itu aja.

Minggu ini saya mencoba bikin seblak. Kali ini seblak Spaghetti, toh spaghetti ini bisa diberi saos apa saja to?, sebenarnya Juga banyak bertebaran seblak spaghetti di google, sedangkan ini kali pertama saya bikin dan pengen sejagad maya tau jadi pamer aja. Menggunakan bumbu standar khas seblak yang ga boleh dilewatkan adalah:
  • Kencur (wajib ada ga boleh lewat)
  • Bawang merah & bawang putih
  • Cabe (khas seblak nih peddes. Tapi saya bikin ga terlalu pedes)
  • Garam
  • Bawang bombay, karena bikin dari spaghetti & saya suka aroma bawang bombay.
Sebelumnya saya merebus spaghetti nyaris setengah matang.  Nyaris setengah matang karena nanti dia akan dibiarkan matang bersama bumbu (ini sama dengan kerupuk mentah yang direndam di air dingin atau hangat sebelum dimasukkan ke dalam bumbu seblak dan dimasak).

Semua bumbu make-nya dikira-kira aja ga pake ukuran saya mah. Bawang bombay di iris tipis. Sisa bumbu lainnya di haluskan. Tumis semua bumbu di penggorengan yang sudah diisi sedikit minyak goreng.  

Setelah bumbu matang saya tambahkan air cukup (banyak), dikira-kira saja banyaknya  pakeperasaan sekiranya cukup untuk merebus spaghetti, masukkan spaghetti tidak lupa garamnya. Aduk-aduk agar tidak gosong dan spaghetti matang biarkan sampai airnya habis, bumbu meresap ke dalam spaghetti.


Setelah matang, bisa di coba rasanya. Meskipun teksturnya tidak sekenyal kerupuk, spaghetti cita rasa lokal enak koq mujidirisendiribolehdong, beda dengan spaghetti yang biasa saya bikin yang paling-paling spaghetti sauce bolognaise dengan bumbu instant beli di supermarket. 

Spaghetti bumbu seblak
Rebus spaghetti nyaris setengah matang
Bumbunya dikira-kira aja butuhnya berapa banyak, ga da patokan ga da pakemnya :)

*Terimakasih Jerileno






Comments

  1. wah seblak :D makanan yang palin dicari kalau lagi main ke bandung nih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Populer di Bandung ya, banyak variasinya pula.

      Delete
  2. Spaghetti Seblak? Wah kreatif, Mbak Rue. Spaghetti rasa lokal :)

    ReplyDelete
  3. emang matching rasanya? rasanya harus coba. Suka banget rasa kencur, bahkan klo bikin sambel aku kasih kencur :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak dong mbak bikin sendiri dipuji-puji sendiri dong hahahahaha

      Delete
  4. baru kali ini lho denger yang soal seblak.

    kombinasi kreatif ru spaghetti aroma kencur.


    salam
    /kayka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Slama ini tiap saya mencium aroma kencur ingat jamu beras kencur mbak :)

      Delete
  5. Trus topping nya pake apaan ???? atau ngak pake ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyyaaa aku lupa masak tuna kalengnya buat toping. Ya dah makan aja pake kerupuk hahahaha

      Delete
  6. SEPERTINYA ENAK NIH, WAJIB COBA. MAKASIH RESEPNYA..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts