Terimakasih teman untuk Tono dan Tini nya

Ada untungnya juga ngoceh di notes FaceBook tentang kecintaan saya. Sudah saya cari sejak lama di toko bekas offline dan online dan selalu dengan jawaban "stok itu sudah tidak ada", sampai ketika seorang teman merespon "aku punya yang itu" sekedar tau bahwa teman saya punya pun  sudah bikin saya girang dan saya berniat untuk mengajak barter yang alhamdulillah di OK-in olehnya.

Akhirnya ketemu juga  cinta saya  Jip en Janneke dalam versi Indonesia Tono dan Tini yang saya cari-cari selama ini yang saya baca masa di Sekolah Dasar dan saling antri dengan siswa lainnya di perpustakaan sekolah untuk bisa membaca cerita Tono dan Tini yang banyak peminatnya .

Tono dan Tini yang ceritanya bikin saya senyum-senyum, ilustrasinya bikin gemes, saya baru tahu dari sini  mengapa ilustrasi Tono dan Tini dibuat hitam putih karena awalnya cerita ini di terbitkan dalam suratkabar lokal& murah di Belanda itu sebab Jip en Janneke hanya hitam putih siluet.

Meskipun saat ini  bisa melihat warna-warni dalam detail gambar namun karakter Jip en Janneke masih tetap sama seperti aslinya hitam & putih.
uniknya, berbeda dari beberapa negara yang menerjemahkan ke dalam bahasa negara setempat Jip en Janneke versi USA bernama Bob and Jilly ilustrasi karakternya pun berbeda dibanding aslinya.

Karib saya sempat menceritakan mengapa bisa berbeda namun karena kami belum menemukan sumbernya (sudah googling belum juga nemu alasanya) jadi saya belum bisa share disini. Saya, tetap suka ilustrasi original Ms. Fiep Westendorp .

****

Tono dan Tini yang bukunya sudah saya dapatkan, girangnya saya bukan melulu karena sudah terlalu  lama sendiri cari-cari buku ini, tapi lebih karena saya pingin banget ngasih buku ini ke si Karib.

Bulan lalu karib saya mudik. Seperti biasa kami akan ketemuan ngobrol sambil makan bakso kesukaannya kesukaan saya juga.  Dia surprise banget ketika mendapati Tono dan Tini "i dont deserve this its your childhood memory" berkali-kali dia ucapkan itu, padahal saya dah niat sejak lama. Dia tidak sadar bahwa dia telah mengembalikan cinta masa kecil saya dengan mengirimkan Jip and  Janneke versi U.K beberapa tahun lalu, itu sudah lebih buat saya.

Dan akhirnya Tono dan Tini bisa berkumpul dengan kerabatnya dari beberapa penjuru negeri Jip en Janneke versi aslinya dari negeri Belanda,  Mick and Mandy versi Australia Jip and Janneke versi U.K dan Jip dan Janeke cetak ulang terbaru versi Indonesia, dan Tono dan Tini versi Indonesia Lama. Terimakasih teman saya yang ikhlas untuk barter, Tono dan Tini sudah melintas benua sekarang dan karib saya akan merawatnya dengan baik.



Jip and Janneke versi USA. Gambar : www.amazon.co.uk







Comments

  1. Menemukan kembali buku yang menyimpan kenangan kita, rasanya sejuta pastinya ya Mbak Ru..
    Dan aku merasa norak karena baru membaca tentang buku ini di blog ini hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lega gimana gitu hahahaha. Ini buku dah lama mbak Evi pernah cetak ulang oleh Gramedia th 2013, tapi dah sulit arinya sekarang.

      Delete
  2. Penasaran, besok mau ke senen cari novel.
    Sekalian cari buku ini ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga berhasiiil kalo berhasil dapat tolong kabari ya :D

      Delete
  3. Kayaknya pernah baca buku ini deh, ntar kucoba memeras memori. Sekarang otakku dijejali buku pernajalan tok. hehehe

    Met baca santai ya Ru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kali emang pernah baca mbak zulfa, jaman SD dulu. Sama-sama met baca buku travelling nya

      Delete
  4. Sekarang kayaknya jadi buku yang langka....Jadi pengen banget baca meski gak lahir dijamak ya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts