Carrot Cake- Cake percobaan pertama saya

Carrot Cake- cake pertama bikinan sendiri


Awalnya mau bikin Judul Carrot Cake- Cake pertama bikinan sendiri, tapi lhawong bikinnya dibantu ibu. Jadi ceritanya, hasil ngobrol dengan sahabat saya soal bikin kue karena dia kerap memposting hasil kue di akun IG –nya iri juga rasanya, pengen bisa bikin-bikin kue. 

Kami yang biasa bertukar kabar via watsapp, satu hari dia ngabarin lagi bikin carrot cake- Kue wortel. Beberapa jam kemudian saya mengirim pesan via watsapp lagi bertanya tentang carrot cake-nya “gagal mbak” balasnya, ohhh sayang banget padahal saya pengen tahu tampilan hasilnya, minta dikirimin fotonya. Carrot cake? Penasaran, kue berbahan wortel?

Saya mulai browsing google sana sini mencari resep kue wortel ini, dan berhenti di  blog resep makanan yang beken justtryandtaste.com. Saya juga sempat meminta resep versi teman saya namun karena resepnya menggunakan ukuran cup dan saya tidak tahu bagaimana mengkonversinya menjadi ukuran gram, saya kembali menggunakan reseo justtrtandtaste.com Saya skip beberapa sesuai selera saya, seperti saya tidak menggunakan vanili, saya dan ibu tidak terlalu suka aroma vanili pada kue bikinan sendiri, tidak juga menggunakan creamcheese karena mahal harganya buat saya ;).

Karena si ibu biasa bikin kue caramel menurutnya adonannya dikocok seperti membuat kue caramel (jadi yang bikin sebenarnya ibu atau saya sih?).
Oke, ini bahan-bahan yang kami gunakan seperti halnya yang terdapat pada resep.




Bahan:

  • 150gr Gula pasir            
  • 150gr Gula Palem        
  • 4butir Telur                     
  • 1/2sdt Baking powder (kami tidak paham dg baking powder double acting seperti pada resep, sama halnya dg si penjual yang juga tidak paham heheheehe jadi ya baking powder saja)
  • 1/4kg Margarine (dicairkan, menurut resep gunakan 295ml. karena kami tidak punya ukuran, kami cairkan saja  1/4kg margarine tanpa kami kurangi)
  • 250gr Tepung terigu serba guna ( 2X ke toko bahan kue yang berbeda mereka selalu bertanya “yg merk apa?’ akhirnya berdasarkan pengalaman ibu membuat cake menggunakan tepung Cakra)
  • Wortel  tentu saja
  • 2sdt Bubuk kayu manis 
  • 0.5 sdt Garam 
  • Kenari  (tadinya saya mo pake sukade, karena tinggal dikampung saya ragu ada kenari ,kacang almond atau kacang mede, eh ternyata di toko bahan kue pasar kecamatan ada, saya pilih kenari lebih murah. Beli 1ons saya gunakan kurang dari setengahnya saja pelit. Saya sangrai dan hancurkan kasar)

Ekseskusinya .


  1.    Tepung dan baking powder aduk jadi satu agar tidak terasa pahit nantinya, begitu menurut ibu saya. Kemudian campurkan bubuk kayumanis 2sdt, dan garam aduk rata.
  2.      Cairkan ¼ margarine
  3.   Gula pasir, gula palem, telur, dikocok. Saya gunakan kocokan manual karena malas menggunakan mixer, toh menurut resep "mixer dengan menggunakan kecepatan rendah", jadi saya dan ibu pikir kocokan manual pun  tak masalah.
  4.  Setelah adonan 3 tercampur rata masukkan adonan 1 dan adonan 2, kemudian masukkan parutan wortel
  5.   Olesi Loyang dengan margarine, alasi dengan kertas roti, olesi kembali kertas roti dengan margarine dan taburi dengan tepung. Masukkan adonan taburi dengan kenari
  6.    Panggang dalam oven.





Saya lupa berapa lama memanggang kue ini, karena ini cake pertama saya bikin dibantuibu dan kuatir bantat tidak berhasil, saya selalu melihat kue saya dari kaca luar oven, mengembang dan ada retakan ditengahnya ibu bilang kue saya jadi, berhasil bikin kuenya.

Ahhh senangnya..saya senang. Saya kabari sahabat saya menurutnya lihat dulu bagian dalam apakah sudah matang?, saya potong kuenya dan matang tidak basah.  Cake pertama saya bikin (oh dibantu ibu :D)

Rasanya?, manis sekali cakenya, terlalu manis untuk ukuran saya. Apakah karena wortelnya kurang? Tapi teksturnya lembut banget kami suka. Sayangnya mbah putri tidak terlalu suka, bukan hanya karena manis tapi si mbahputri tidak terlalu suka cake beraroma kayumanis atau spekoek.



Waktu saya kirim gambar cake kawan saya sempat mengira "brownies koq pake wortel sih?" Baru dia paham bahwa saya bikin carrot cake. Ibu saya?, ibu mah pendukung seratus persen saya mau belajar bikin kue dan masakan didapur.


Masih pengen coba bikin cake ini dengan versi yang berbeda 

-Ru-

Comments

  1. wow Ru... kemaren crochet sekarang bikin kue :D..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru belajar,kamu dah jago ibarat quantum leap Rie :)

      Delete
  2. nyumehhh, aku suka banget carrot cake :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya baru denger kue ini makanya coba bikin :D

      Delete
  3. Kalau cuma membacanya kayaknya gampang bikinnya Mbak Ru. Tapi saya tahu ini butuh ketekunan dan ketelitian juga agar carrot cakenya sesuai harapan :)

    ReplyDelete
  4. duch..kok mbah putri nggak suka yaaa...padahal carrot cake-nya sepertinya uenakkk,
    keep happy blogging always...salam dari Makassar - Banjarbaru :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya selain minuman dan masakan mbahputri ga terlalu suka aroma rempah. Terimakasih sudah mampir :)

      Delete
  5. Wah mumpung libur hbs ini ke pasar beli bahan terus bikin juga ah..:D

    ReplyDelete
  6. ini namanya cake berserat ya Ru, ada carrotnya soalnya, si kecil mau nggak ya ? Bookmaark. InsyaAllah di Indonesia di eksekusi. Kalau di India ada manisan dari carrot. enak dan manisnya minta ampun :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bisa jadi namanya juga kue berserat mba zulfa. Banyak variadi manisan di India ya mba zulfa.

      Delete

Post a Comment

Popular Posts