Target membaca

Rencana sekedar rencana, niatnya ada tapi eksekusinya setengah-setengah tau-tau sudah dipenghujung tahun, tau-tau tinggal hitungan jam saja tahun masehi 2015 berganti tau-tau 2016. Rasanya cepet banget waktu berlalu.

Saya lagi mengingat awal tahun 2015 sok-sok-an maunya kayak dek Mark Zuckenberg yang mencanangkan membaca sekian buku setiap bulannya (manggilnya adek krn dia lebih muda dari saya). Sudah pula bikin target (bukan resolusi)  musti baca buku juga sekian buah perbulan padahal kalo kata si Nou kawan saya "nggak usah mikir berapa banyak buku yang mau sampeyan baca mbak, yang penting usahakan untuk baca ", mungkin dia tau saya suka angot-angotan malas, padahal maksudnya saya mau bikin target tapi hasilnya.... hallah, cuma rencana.

Saya memang baca beberapa buku tapi ga sebanyak yang saya targetkan, jauh lebih sedikit. Saya sadar bahwa untuk menghasilkan sesuatu kadang kita saya butuh target butuh komitmen butuh aksi butuh dieksekusi atau apalah sebutannya, nah sayanya yang kurang usaha keras, hasilnya ya setengah-setengah, niat tanpa eksekusi dan aksi hanya akan jadi sekedar niat di mulut. Makanya saya ga pernah lagi bikin resolusi karena kurang bisa berkomitmen kurang action, ok ini udah ngalor-ngidulngelantur. 

Tahun lalu, dapat oleh-oleh buku dari kawan baik saya yang lagi jalan-jalan . Padahal saya ga minta dibawain apa-apa, dianya aja yang nawarin "mau buku apa? mumpung lagi belanja disini" katanya, Alhamdulillah, belum dibaca karena liat tebelnya aja udah ciut nyali.

Menjelang akhir tahun juga ditraktir buku, niatnya cari Tono dan Tini tapi dapatnya malah yang lain, Het Prentenboek Van tante Pau karya Leonard de Vries, Buku hardcover  berbahasa Belanda cetakan tahun 1974, dapatnya di toko buku bekas langganan kawan saya belanja piringan hitam bekas (apa sih istilanya? Vinyl ya?).

Saya tidak banyak menemukan informasi tentang Leonard De Vries di google kecuali beliau kelahiran Semarang th 20-an. Buku ini berisi nursery rhymes, cerita-cerita pendek yang penuh dengan ilustrasi gambar hitam putih& berwarna dengan tulisan yg cukup besar. Meskipun tidak.paham benar isinya, lumayan untuk Belajar membaca  bahasa Belanda yang sudah mulai menguap.

Yang bikin saya girang, dapat kabar dari kawan saya ini kalau buku Tono dan Tini yang sempat dicari-cari udah ada. Kali ini si Tono dan Tini bisa saya miliki, mendengar ini karib saya ikutan seneng, cerita karib saya bisa dibaca di blognya ini.  Saya musti berterimakasih banyak ke kawan saya untuk usahanya dapetin si Tono dan Tini.






Kejutan  lainnya dapat bingkisan buku dan beberapa pernik lainnya dari Mbak Yo yang sempat mampir di catatan saya ini. Nijntje atau versi internasionalnya Miffy karya Dick Bruna. Menarik sekali, si ayah (Dick Bruna) mengisahkan cerita tentang kelinci putih  ini awalnya pada tahun 1955 kepada putranya setiap malam, beliau mendongeng untuk si anak yang kala itu baru berusia 1th singakat cerita muncullah ide untuk membuat sketsa gambar dan cerita Nijntje, detail tentang Nijntje atau miffy bisa dibaca disini


Mbak Yo menginformasikan bahwa tahun 2015 adalah ulang tahun Nijntje ke 60, sudah seumur itu masih lucu dan populer aja Nijntje ini. Hasil googling, perayaan Nijntje ke-60 kemarin dirayakan sepanjang tahun 2015 dengan menampilkan beragam pameran figur Nijntje di kota kelahirannya Utrecht-Belanda beritanya bisa dibaca di miffy.com . Terimakasih mbak Yo untuk supportnya.




Akhir tahun kemarin karib saya datang dan bawain beberapa buku, setiap mudik  dia selalu bawain saya buku-buku. Baru satu buku dan masih separuh halaman yang sempat saya baca.

Buku pemberian kawan-kawan baik
Akhirnya, ga berani sesumbar dengan membuat segala target, tahun ini saya ga mau sebutin target buku yang musti saya baca, yang jelas membaca baik artikel, buku fiksi ataupun non fiksi masih musti tetap berjalan. Ngumpulin segenap tenaga membaca buku-buku pemberian kawan-kawan saya, musti dihabiskan. 

Ah ya..... sedikit soal Resolusi, sekali saya pernah membaca article di majalah aqilla edisi tahun sudah lama sekali "new years resolution are meant to help you plan for and kick-start the upcoming new years", Ok beberapa orang merasa penting untuk membuat resolusi monggo silahkan semoga berhasil dengan segala resolusinya.

Saya ingat lagunya Michael Jackson- Man In The Mirror " I'm Gonna Make A Change,for once in my life, it's gonna feel real good gonna make it right". Jadi ya.... Bismillaahirrahmaanirrahiim.


- Ru-




Comments

  1. aku lagi baca buku ke dua untuk tahun ini hehe moga tetep semangat :D.. need to reduce my TBR pile :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku baca 2buku sekaligus hahaha, abis yang satu agak tegang yang satu seru. Ayyoo semangat!!!

      Delete
  2. Bukannya males baca tapi emang gak sempet baca :D Hehehehe...
    Dulu waktu sekolah punya banyak waktu luang, sehingga membaca pun bisa hampir tiap hari, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang musti nyelesein target utamanya dulu ya :D

      Delete
  3. Aku malah kalap beli buku travelling di amazon, tebel tebel tanpa foto lagi. sampe sekarang belum selesi juga, target meleset. soale sibukkkkkkk pringisan. Bahkan bukunya masih bersampul amazon. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dijual lagi dengan harga bagus kalo masih bersampul gitu mbak

      Delete

Post a Comment

Popular Posts