cemplang-cemplung jadi deh kroket

Pulang Januari kemarin saya bantuin ibu bikin kroket. Awalnya saya cerita kawan baik saya Agent Watanabe curhat gagal bikin kroket pecah saat proses penggorengan, ceritanya dia menggunakan tepung kentang maksudnya pengen bisa lebih lekker hasilnya, Namun menyesal mustinya memakai tepung terigu saja sudahterlanjurkentangsudahmenjadihancur.

Urusan makanan, saya sebenarnya lebih sering langsung makan aja dan beli diwarung praktis ga pake repot bikin pemalas meskipun berhasrat pengen banget bisa masak&bikin cemilan dengan tangan sendiri. Demi anaknya bisa akrab dengan segala bahan kue ibu ngasih tau cara bikin kroket.

Tidak jauh beda dengan kroket kebanyakan, resepnya bisa digoogle. Ibu bikin kroket sederhana yang menurut ibu bikin kroket tidak jauh berbeda dengan bikin perkedel kentang hanya diberi tambahan ini-itu ragu dan digoreng pake tepung roti/ panir, padahal beda juga sih ya.

Bikinnya ga pake ukuran,tepung mentega seadanya yang kami punya dilemari dan sisa wortel bikin "carrotcake". Kentang direbus dialusin kasih tepung&mentega garam dikit, masukin telor kasih susu bubuk. Adonan terlalu lemes? tambahin tepung, terlalu keras kasih mentega udah gitu aja.

Bikin rogu, wortel daging ayam diris2 kecil dadu, tumis pake bawang merah putih kasih tepung kasih susu bubuk, jadi deh.

Bikinnya, cetak kayak kroket kebanyakan kasih isian rogu. Masukin ke kocokan telur guling-guling (duh bhs nya) kroket di tepung roti/panir siap deh di goreng "udah jadi" kata ibu. Dan saya siap menyantap kroket.



Semoga besok-besok pas saya bikin sendiri berhasil bikin  kroketnya.


-Ru-



Comments

  1. ah aku suka banget kroket yang dalamnya rogut...nyumehhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah ya...rogut, aku raguragu mo nulis rogut, ntar tambahin t-nya trimakasih nih diingetin:)

      Delete
  2. KLO terus gini --> Adonan terlalu lemes? tambahin tepung, terlalu keras kasih mentega udah gitu aja. TRUS nggak mari mari hehehe. Aku pernah soale. hahaha sampe saiki males maneh gawe kroket. tuku wae :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu sering kejadian di aku juga mba, apalagi kalo nyambel hehehe

      Delete
  3. Salah satu cemilan kesukaanku nih. Baru sejak di Belanda nekad bikin sendiri dari kentang. Tapi dalamnya sayuran plus keju. Yummm. Lihat fotomu jadinya laper pagi2. Beli aja kayaknya ntar siang *ujung2nya beli haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalamnya pake keju leleh ya den? Pake kaldu juga? Ide bagus Patut dicoba saya bayangin isiannya wortel kacangpolong/kapri. Hehehe maaf ya bikin kepengen.

      Delete
    2. Iya, pakai keju meeleh. Dulu pernah bikin pas dikosan pakai keju kraft yang melt (apa ya nama variannya lupa). Kalo disini pakai keju seadanya, soalnya kejunya meleleh semua kalo kena panas haha. Aku ga pakai kaldu apa2, cuman wortel, kacang plong.

      Delete
    3. Inshaallah pengen coba ide isian sayur&keju kayaknya enak banget :)

      Delete

Post a Comment

Popular Posts