Manisnya sepatu boot (hujan)


Tahun ini hujan ( mulai lebih sering) datang di bulan Februari, meski kalau saya rasa-rasa curah hujannya tidak seperti tahun-tahun lalu yang bisa hujan sepanjang hari, kan isunya memang climate change. Saya selalu suka musim hujan, asalkan tidak banjir dan tidak terlalu banyak petir, ngeri.

Hujan sedikit aja sudah bikin banjir dan genangn air dimana-mana, ini yang bikin bete.  Apalagi kalau pas berangkat kerja, sebagai pengguna transportasi umum saya milih memakai sandal karet, demi sepatu pantofel bisa awet dan ngga boros, sesampai dikantor tinggal pakai sepatu kerja aja.

Sebenarnya, kalau dipikir-pikir demi kesehatan kaki kita musti melindungi kaki dari kuman2 di genangan air hujan, genangannya yang kotor kecoklatan campuran segala sampah itu yang bikin parno ancaman penyakit kulit/ kutu kaki hiiiii. Biasanya kalau dah kena genangan air hujan setibanya dirumah atau tempat kerja saya segera mencuci kaki dengan sabun apa saja, bahkan kalo nemu sabun colek ya pake sabun colek yang penting saya ngerasa kaki saya bersih.

Satu hari saya pernah liat mbak-mbak rambut kuning non-Indonesia dibawah hujan deras dia memegang payung dan menggunakan sepatu boot pak tani kesawah, meski keliatannya gak keren  tapi kan fungsinya bisa melindungi kaki dari terjangan kuman air kotor, ini sebenarnya ide yang bagus bisa ditiru kalaupede. Biasanya saat hujan saya juga sering melihat satpam gedung menggunakan sepatu boot karet, atau banyak juga pengendara motor yang saat hujan begini menggunakan sepatu boot.

Model sepatu boot yang saya lihat memang tidak lagi melulu seperti sepatu boot pak tani, tapi warnanya masih standar, hitam. Saya pikir-pikir koq kayaknya saya belum pernah lihat sepatu hujan ukuran orang dewasa yang manis berwarna atau setidaknya kece gitu dipake disini. Kecuali sepatu boot ukuran anak-anak, jaman saya masih TK juga punya sepatu boot plastik warna merah. Nah, kayanya bukan cuma negeri 4musim yang bisa memakai sepatuboot saat winter. Dimusim penghujan gini, bisa jadi kita perlu sepatu boot khusus.

Rainboot, dikenalin oleh karib saya, dia biasa gunakan saat musim hujan, menurutnya kekurangannya adalah bahannya yang terbuat dari karet agak kurang nyaman jika dipakai jalan sedikit jauh, berat. Sepatu boot hujan ini udah biasa dipakai oleh mereka yang tinggal dinegeri 4musim (saya ga tau juga kalau di Asia tengah China, Hongkong atau dataran arab bagaimana) tapi coba deh cek-cek pinterest cakep-cakep model dan warnanya.

Hasil googling sana sini saya menemukan tentang sejarah sepatu boot, saya copy dengan terjemahan bhs. Indonesia acakadul. Jadi, sepatu boot yang ada saat ini seperti kita lihatdifilmTV  pertama kali dipakai oleh Arthur Wellesly dari Inggris pada awal abad ke- 19, beliau ini juga dikenal dengan sebuatan Duke of Wellington (seorang anggota militer seperti kebanyakan laki-laki dimasanya yang tergabung dalam kemiliteran). Biasanya beliau menggunakan Hessian boot, Hessian boot adalah boot standard yang dipakai oleh militer yang terbuat dari kulit, kalau kita nonton film2 dengan setting jaman macam film pride and prejudice, Mr. Darcy memakai jenis Hessianboot (CMIIW ya).

Arthur Wellesly kemudian meminta bantuan pembuat sepatu pribadinya untuk membuatkan sepatu boot yang beda dari biasanya, singkatnya setelah si pembuat sepatu berhasil membuat sepatu yang diinginkan sang Duke sepatu boot ini kemudian dikenal dengan sebutan Wellington, sepatu ini kemudian digunakan oleh para aristokrat di Inggris sana dan sampai saat ini lebih populer dengan sebutan Wellies di Inggris, namun disetiap negara ternyata namanya berbeda-beda ada yang menyebutnya billyboot, gummies, gumboots, rain boot, selebihnya karenasayamalas bisa dibaca sendiri ceritanya dari sana-sini- sana .

Nah saat ini sepatu boot bervariasi, bahkan juga sepatu boot hujan yang memiliki banyak istilah ini sudah semakin beragam dari yang polos berwarna sampai bermotif aneka rupa, dan tentu saja fungsinya selain untuk melindungi kaki dari dingin dan agar tetap kering dari air dan es, pastinya juga agar penampilan terlihat Ok. Sayangnya saya belum nemuin toko sepatu boot hujan yang berwarna dan bermotif untuk orang dewasa di jakarata ini ataumungkinsayayangtidaktahu, akhirnya dipuas-puasin melototin pinterest.

Saya copy beberapa rainboot pinjam dari Pinterest, monggo dilihat-lihat atau langsung ke pinteresetnya saja, barangkali tertarik dan punya cita-cita punya sepatu boot hujan yang kece atau kepikiran buat dagang, kan ini peluang belum banyak saingan disini kayaknya.

Look at my shoes, it looks cool. Right? this is the most popular ugg style this years, you can get it only $39. Not long time for cheapest.Repin it now!:
main becek cantik. Pic taken from:  lookastic.com


Fall Rain Boots - function over form but honestly I think these are cute. Sooo...:
kayaknya yang model begini lebih ringan makenya. pic. taken from: avillagetown.com
Kawaii Clothing | Botas Lluvia Kawaii Lazo / Rain Boots Cute Bow LS161 | Online Store Powered by Storenvy
pic. taken from: wanelo.com
Some nice neutral rainboots (white? dark grey? simple pattern? black? purple?) with good traction - got some big hills to walk up!:
ngebayangin bisa tetap gaya dimusim penghujan. pic taken from fabfashionfix.com

Womens Chooka Gypsy Owl Rain Boots (Multi) LS 10%:
pic. taken from : Planetshoes.com
‘Hessian’ Boot absolutely gorgeous!

Hessianboot, pic. taken from museumofleathercraft.org
Hunterboot (Hunter ini salah satu  merk  rainboot), saya ambil gambarnya buru-buru di satu toko di wilayah Swedia

Pingin juga punya setidaknya satu buat nerjang genangan air.

-Ru-

Comments

  1. Di India banyak septau booth murah, apalagi musim dingin gini. Tapi aku kurang suka. Biasanya klo ke derah salju, aku malah sewa.

    ReplyDelete
  2. Wellies ya mba? Sepatu boot hujan? I see

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts