Sedikit cerita dari Madagascar

Madagascar. Saya tidak hendak bicara tentang trip ke Madagscar karena saya belum pernah menginjakkan kaki ke negeri ini.

Negeri yang berada di wilayah benua Afrika ini pernah menjadi obrolan hangat antara saya dan ning saya selama berminggu-minggu. Bukan karena film animasi produksi dream works.

Lalu, apa Pasal? Pasalnya adalah presiden transisi Madagascar baru saja (saat itu 2009) mulai dipimpin oleh seorang laki-laki muda bernama Andry Rajoelina bukan hanya muda beliau ini juga tampan (menurut kami) dan seorang Dj, presiden termuda di benua Afrika kala itu (34th) Keren menurut kami. ketahuan kan kenapa kami membicarakan Madagascar? Karenanya kami  tidak bicara banyak tentang krisis politik yang terjadi di Madagascar saat  itu terlaluberat.

Tidak pernah menyangka bahwa ada kawasan di Afrika bernama Madagascar dimana beberapa suku/ etnisnya ada kemiripan dengan orang Asia, menarik.


Hari jumat kemarin, sepulang kerja saya mampir toko buku di sebuah Mall dikawasan jl. thamrin niat banget nyari novel yang ditulis blogger Haya Nufus, sempat dibantuin cari bukunya oleh staff toko dan akhirnya ketemu juga.

Dari halaman awal saja dah bikin saya trenyuh sebutsajasayalebay, apalagi kalau bacanya sambil muter lagunya Luther Vandross-Dance with my father, tambahlah bercucur airmata ini.

Karena saya tidak sedang me-review, novel ini adalah....uhmm pengalaman saya membaca " Sebiru safir Madagascar - Haya Nufus". Settingnya di Madagascar karena memang sang penulis saat ini/itu tinggal di Madagascar.

Hidup memang ga mudah untuk sebagian besar orang, beberapa musti bekerja Ekstra untuk bisa meraih mimpi. Mirindra atau Rindra gadis pintar yang dititipkan ayahnya disebuah sekolah asrama yang dikelola perempuan baik hati bernama Tinah.

Ayah Rindra tentu saja punya keinginan anaknya bisa bersekolah dan menjadi pandai meskipun tampaknya cita-cita sang ayah awalnya sederhana saja agar Rindra bisa sekolah. Rindra, punya cita-cita yang sangat tinggi lebih dari sekedar menamatkan seniorhigh school. Namanya juga orangtua, mereka akan melakukan apa saja untuk kebaikan dan masa depan sang anak.

Bacaan yang bisa memotivasi begini banyak dibutuhkan remaja sekarang (saya kira) bisa lebih banyak-banyak bersyukur meskipun ini kisah fiksi saya yang pernah membaca blog penulis yang bercerita tentang masyarakat dinegeri ini dan saya mikirnya bisa jadi, mungkin keadaan kita saya lebih baik dari mereka, punya kesempatan untuk bisa mendapatkan pendidikan yang layak. Dan saya baru tahu dari buku ini mengapa beberapa suku Madagascar memiliki kesamaan ras dengan asia. Ahhh saya lambat.



Comments

  1. banyak keturunan Indonesia emang disana, mereka ke Madagascar 1000 tahun lalu,cantik2 banget kalau liat profile wajahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuuuh kaaan aku memang lambat. Feb, jalan2liburan kapan ke Madagascar? :)

      Delete
  2. Ru, nanya donk, Rekomendasi buku yang bagus sekarang apa ya?Aku barusan nitip temenku yg minggu depan ke Belanda IEP Dee (karena aku mengikuti serial Supernova) dan Pulang Leila S. Chudori. Nah, bulan April ada kenalan lain yg mau datang, dia menawarkan untuk membawa buku2 buatku. Tapi belum kepikiran buku apa yg bagus. Aku pengen beli Alfa Woman nya Manampiring, selebihnya masih serching2 buku apa lagi ya. Amba dan Aruna aku sudah ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu suka genre apa? Kalau lihat bacaanmu kayaknya kita sama, tapi maaf aku belum tau yang bagus apa bahkan hari ini sepulang kantor aku mampir toko buku (jumat kemarin dah mampir) dan ga bawa satupun karena belum ada yang menarik buatku :D

      Delete
    2. Akhirnya aku tadi serching2 dibeberapa toko buku online dan dapat referensi : Maya (Ayu Utami), Suti (Sapardi DJoko Darmono), Kartini Sebuah Biografi, Di tanah Lada, 2 buku terakhir Pidi Baiq, sisanya novel. Mudah2an dapat temenku nyarinya ditoko buku

      Delete
    3. Kemarin aku lihat suti-sapardi Djokodarmono ditoko buku G*****, kartini sebuah biografi beberapa minggu lalu. Bukunya Pidi Baiq ada banyak. Banyak banget novel terjemahan dan indonesia genre pop. Insha allah temannya berhasil nemuin bukunya ya.

      Delete
  3. Makasih banyak mbak Ru udah sengaja cari dan mau baca :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mba Haya, saya benar-benar menikmati bukunya, terimakasih juga dah berbagi ilmu :D

      Delete

Post a Comment

Popular Posts