Gluntuunggg

Gluntuungg... (bunyi pesan watsapp masuk) lusa kemarin, dari kawan baik saya "beberapa negara memutus hubungan (diplomatik) dengan Qatar" dan dia menceritakan kekhawatirannya. Saya belum Banyak respon siang hari itu karena masih harus bekerja.

kami lanjutkan obrolan kami sore hingga malam. Beberapa malam lalupun saat saya sedang lihat2 facebook tibatiba fanpage Iran yang saya follow "pray for Iran, pray fot Tehran". oh My... saya pikir ada apa? saya searched google dan.... begitulah berita malam itu.

Menjelang tidur saya membicarakan tentang Qatar Iran hingga perubahan cuaca dengan beberapa kawan baik saya, tentu saja via watsapp.

kemarin-kemarin juga ramai berita soal mundurnya presiden USA dari Paris agreeement, hadduh apa pula itu?

Perubahan cuaca ini berasa banget buat saya. Beberapa kali ketika bertelpon dengan ibuk dia bercerita bahwa beberapa hari kemarin hujan deras padahal seharusnya ini sudah kemarau.

Dulu, bisa dibilang puluhan tahun lalu saya kerap mendengar obrolan orang tua saya dengan sesama petani "ketigo mene nandur opo sampeyan?" (musim kemarau besok anda menanam apa?). kemudian mereka berdiskusi tentang tanaman yang cocok dimusim kemarau, tentang kemungkinan hasil panen dan harga jualnya.

nah, kalau cuaca gak jelas begini khawatirnya jadi serba salah macamlaguRaissa  mau nanam apa . Saya ngebayangin soal pangan. kalau dah begini, memang manusia tuntutannya harus bisa beradaptasi dengan alam.

Saya membayangkan padi beras nasi, saya punya hubungan yang sangat dekat dengan nasi :( jadi jika hasilnya sedikit aduuh...

Bisa saja saya mengkonsumsi roti atau ubi. Dan Roti? buat saya sekedar cemilan bahkan roti gandumpun yang konon katanya berat hanya camilan saja. saya tau.. saya tau.. masalahnya ini hanya dikepala saya saja. 

dan lihatlah, segala konflik yang ada, hingga issue lingkungan hidup dan apa-apa yang ga enak didengar di kuping dan dirasa di hati semoga bisa kita lalui.

Mumpung lagi Ramadhan, perbanyak do’a nya.


Raya Idul Fitri inshaa Allah ±16hr lagi.



Comments

Popular Posts