Tempat favorit : Toko dan pasar buku

Saya bukan orang yang  keranjingan belanja, saya lebih bisa mengeluarkan uang untuk membeli buku dibanding baju. Untuk beberapa buku ketika dalam kondisi normal (baca:cukup uang)  harga buku kadang tidak masalah, asalkan suka saya akan beli. Beda dengan kalau beli baju koq rasanya gimana gitu ya?

Saya suka toko buku dan juga pasar buku, ada bedanya tapi dasarnya sama, menjual buku. Meskipun toko buku di Jakarta atau di kota kelahiran saya tampak semuanya seragam, sama, monoton aja gitu interiornya (atau memang mereka standar interiornya begitu?) toko buku paling besar dan paling populer di negri ini juga yang sering saya sambangi, bosen sih, tapi buku mereka cukup lengkap. Saya? suka aja  berada diantara buku-buku, padahal setelah buku dibeli belum tentu langsung dibaca sampai selesai.

Pernah saya ke satu toko buku di Citos-jakarta selatan, pertama masuk kesitu sudah lama sekali, nama toko bukunya Ak.Sa.Ra suka interiornya, nggak bosenin, bisa deh berlama-lama disitu. Dulu dibelakang kantor saya di daerah jln. Thamrin waktu itu ada toko buku Qb World  interiornya biasa saja jika dibanding  Ak.Sa.Ra tapi tapi jauh lebih baik jika dibanding toko buku yang ada, saya suka duduk berlama-lama disitu karena tenang cozy ada sofanya, sayang toko ini tutup, sempat membaca kolom di sebuah surat kabar menuliskan tentang disayangkannya penutupan toko ini.

Ketika masih kecil, saya dan ning2 biasa diajak bapak ke pasar buku di splendid inn-Malang, namanya splendid inn karena berdekatan dengan hotel tua splendid inn. Berderet-deret kios buku menjual buku majalah baru atau bekas, saya dan bapak bisa berlama-lama disitu, namanya juga pasar, tidak ada kursi, pengunjung biasa berdiri dan berjongkok di depan lapak pergi dari satu lapak ke lapak lainnya. Sekarang sudah di relokasi ke Jl. Wilis, sempat pergi kesana tahun lalu pas mudik lebaran.
                                       
Di Jakarta Blok M square tempat saya bisa sekedar lihat2 buku,  di lantai dasarnya terdapat pasar buku bekas dan baru asli atau bajakan, setiap akhir minggu biasanya di hari sabtu saya akan mampir, tidak ada buku spesifik yang saya cari, kalau nemu yang bagus dan lagi pengen di baca dan harganya cukup di kantong saya hari itu ya saya beli. kabarnya pasar buku ini relokasi dari kawasan kwitang-senen, tempatnya lebih baik & nyaman , karena ber-AC dan lebih bersih.

Maunya kalau lagi jalan-jalan kemana saya beli setidaknya satu buku buat souvenir pribadi, asalkan harga bersahabat. Buku yang menarik buat saya yang tentunya musti berbahasa Inggris, kalau bahasa lokalnya kan saya nggak akan ngerti nggak kebaca sayang dong mubazir (= percuma). Jadi pas sempat ke Singapore, mampir ke Brash Basah Complex niat banget emang mo kesini pake acara googling sebelum berangkat  nyari pasar buku di singapore, tiba di lokasi berdiri bangunan besar mirip-mirip bangunan ITC di jakarta, nggak rame pengunjung mungkin karena weekend. Brash Basah ini kayak pasar buku ala-ala di Blok M square gitu.  Dibeberapa lantainya banyak berderet toko-toko buku, selain ada toko lainnya macam bikin cetak undangan, toko alat olahraga. Keluar masuk toko bukunya saya disapa pegawai yang kebanyakan berwajah India atau Srilanka (? saya tidak bisa ngebedain).  Sayangnya, saya nggak cukup tertarik belanja disini, kalau dipikir-pikir harga buku bekas berbahasa Inggris bisa lebih murah di Blo M Square dibanding disini.

Suka banget film you've got  mail, ngebayangin saya Meg Ryan yang punya toko buku, dan bacain buku cerita ke anak-anak, wow, sepertinya konsep seperti itu belum ada di sini, saya bisa ngundang sahabat saya  yang story teller, kami akan mengundang anak-anak PAUD TK atau SD untuk mendengar kami bercerita, lumayan kan mereka juga potential customer loh.
                                               
Kemarin pas sempat mampir Paris (haddoh masih ini aja yang dibahas) karena kami tidak menemukan Shakespear &company , saya dan karib saya mampir satu toko buku yang dekat dengan Musee du louvre kebetulan saat itu kami sedang berjalan menuju museum , suka banget sama bangunan luar dan design interiornya karena tidak ada yang seperti itu di Jakarta, sayangnya saya tidak menemukan buku edisi berbahasa Inggris. tidak sempat mengambil foto interior dalam toko buku itu, tapi kalo dilihat pas googling jadi ke-ingetan deh.

motonya sambil lewat. Kayaknya banyak toko buku bagus di Paris


bagian dalam toko buku. image from Librairie du jardin des Tuileries


Padahal film  Before sunset sudah di tonton, sudah sempat lihat penampakan toko buku yang hits seantero jagat dari film itu tapi saya nggak menahu, berkeliling musee du Louvre karib saya kepikiran mengunjungi shakespear and company namun tak ditemukan padahal konon lokasinya juga gak jauh dari tempat kunjungan kami. Update, diaberhasil ke shakespear and company bisa dibaca disini.

"Shakespeare and Company" store, Paris, 2004
copy image here from WIKIPEDIA


doc. pribadi. Brash basah complex-Singapore

doc pribadi. Brash Basah Complex-Singapore
Pasar buku Jln. Wilis- Malang
You've Got Mail movie scene. image from : betweennapsontheporch.net
                               

Comments

  1. so far blom nemu pasar buku disini... :-( paling semangat nyari buku ya paling klo ada flea market :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Balesna setahun noh komen respon eike dibawah hehehe

      Delete
  2. yang di stavanger? nggak memuaskan yak? :( , banyakan bahasa Norway ya.. :D

    ReplyDelete
  3. Mbak Ru, saat ini saya masih suka melihat-lihat toko buku, hunting buku, atau mencurahkan separuh suka saya memandangi perpustakaan mungil di rumah. Cuma sayangnya kok ya minat baca saya sekarang menurun? Faktor U kali ya Mbak? Atau emang malas saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe bu Evi saya berasa jadi konsultan, saya aja suka numpuk buku aja niat mo baca itu ada tapi kalau dah males adduh satu buku aja sebulan ga habis dibaca bu :(

      Delete
  4. Aku hunting buku nya di gramedia aja hahaha

    ReplyDelete
  5. saya juga suka mampir ke toko buku ru. toko buku disini juga bikin betah deh ada sofanya segala. mau ngampar duduk di tangga juga bisa. saya sendiri lebih seneng duduk di deretan kursi di dekat jendela bisa sambil liat-liat yang lewat juga :)

    salam
    /kayka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik ya mbak merhatiin orang lewat atau pengunjung yg lagi baca apa, pnasaran toko buku yg paling terkenal di jerman, mluncur ke google :)

      Delete
  6. Barusan kemarin ke Surabaya, ngeborong buku, tapi kebanyakan beli majalah travelling , hehehe. Ayoo ke India, surganya buku murah. Kalap beli buku dah kalo ke India

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kabarnya buku di India murah2 ya?, insha allah bisa nyampe India ya... amiin

      Delete
  7. Waahh ini ya Ru cerita tentang Toko Buku hahaha nyaris samaa kitaa :)))
    Impianku juga tuh ke toko buku Shakespear &company, jauh sebelum film before sunset ada, temenku pernah mengirimi foto ini pas dia lagi euro trip. Dia bilang aku wajib kesini, kalo nggak rugi karena aura didalamnya magis banget haha. Setelah nonton before sunset keinginan makin menjadi. Insya Allah suatu saat. Waahh, padahal kamu sudah dekat ya ke tobuk itu, ga ketemu. Kayak jodoh jadinya (ingat aku sendiri haha).
    Yang di blog M aku juga beberapa kali kesana kalau lagi tugas di kantor yang dekat blog M trus ganti bus, aku mampir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya den ini. Yang dikemang saya dah pernah dengar cafe itu waktunya yang belum pas nih. Yang POST sudah pernah mampir mereka nice deh, dan saya sempat juga membeli satu buku disitu.

      Delete
  8. Kalo saya suka ke kios buku yang ada di Blok M Square. Harga bukunya murah, banyak pilihan dan tempatnya adem, :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts