Still Alice

Buku ini saya temukan di fanpage facebook yang saya follow The Reading Room, Fiksi pertama yg saya baca di tahun 2015. Julien moore dapat best actress di Oscar untuk perannya sebagai Alice Howland (saat saya beli novel & selesai baca, pesta Oscar belum dimulai)


Buku ini di tulis oleh seorang Neurologist Lisa Genova.  Selama ini saya mencoba membaca tentang artikel atau jurnal kesehatan berkaitan dengan Alzheimer dengan istilah-istilah medis yang benar-benar  saya merasa tidak paham, masalahnya di saya aja sih, ya... saya memang lambat,.
Buat yang belum sempat baca atau nonton filmnya, Still Alice ini menceritakan tentang seorang profesor linguist Alice Howland yang didiagnosa early onzet Alzheimer.

Kenapa Early onzet? sebagai orang awam saya juga mengira Alzheimer hanya dialami oleh para manula usia +65 keatas, sedangkan Alice yang baru memasuki usia 50 sudah didiagnosa penyakit ini, sehingga istilah early onzet Alzheimer digunakan untuk kasus pasien yang didiagnosis sebelum usia 65.

Lisa Genova menceritakan tentang gejala, perasaan prof. Howland dan keluarganya dalam meghadapi Alzheimer ini. Bagaimana keluarga harus menghadapi situasi dimana pasien Alzheimer akan bertanya berulang-ulang pertanyaan yang sama.
Novel ini sudah diterbitkan sejak tahun 2009, saya sendiri baru nemu di toko buku awal tahun 2015 ini, meski novel ini diceritakan dari sudut pandang orang ketiga, buat saya novel ini seolah sebuah memoar yang ditulis oleh pasien atau keluarga.

Efek baca buku ini

Saya merekomendasikan buku ini ke kawan baik saya, setelah dia selesai membaca dia membelikan buku ini untuk saudara iparnya, kami membicarakan novel ini yg seolah nyata.

Kalau lupa dimana menyimpan barang bikin saya panik sendiri, takut, ngeri tiba tiba membayangkan Alzheimer.

Jujur, saya jadi kepikiran pasien & keluarga Alzheimer, jika membayangkan saya berada di posisi Alice pasti hancur perasaan saya, bagaimana memori saya akan lambat laun terkikis sulit mengingat bahkan lupa dengan teman kerabat keluarga. bagaimana bisa hidup tanpa memiliki memory. 







Comments

  1. Aku ada denger tentang filmnya, tapi nggak tau kalau diangkat dari novel. Kayaknya seru nih dari ulasanya Mbak Ruu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga belum nonton filmnya ini mbak sofia.

      Delete
  2. Bagus ya..sampai masul oscar..

    ReplyDelete
  3. Belum nonton filmnya, kalau novelnya sih saya suka.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts