200th Charlotte Brontë

Beberapa hari lalu sebuah akun instagram yang saya follow menyelenggarakan  giveaway untuk perayaan 200th kelahiran Charlotte Brontë (21 April 1816- 31 Maret 1855). Iseng saja saya ikutan buat dapetin novel Jane Eyre meskipun saya sudah punya, tapi kayaknya saya ga beruntung deh. Bagi yang belum tahu, Charlotte Brontë adalah penulis fiksi klasik dalam kesusateraan Inggris seorang novelist dan penulis puisi.

Charlotte Brontë telah menerbitkan Jane Eyre, Shirley dan Vilette. Jane Eyre menjadi karyanya yang paling populer. Beliau menerbitkan karyanya dengan nama pena Currer Bell.

Seorang Karib memberikan saya novel ini beberapa tahun lalu. Novel yang saya suka dan novel klasik asing yang pertama kali saya baca dan saya jatuh cinta. Jatuh cinta pada cerita fiksinya. Perihal siapa Jane Eyre bisalah di google, juga sudah pernah difilmkan (lagi) released pada April 22 2011 dengan judul yang sama, Mia Wasikowska berperan sebagai Jane Eyre.

" Iam a free human being with an independent will" Jane Eyre- Charlotte Brontë
Quote diatas salah satu favorit saya, Charlotte Brontë menuliskan tentang menjadi perempuan yang mustinya bisa independent melalui sosok Jane Eyre.  Di Indonesia, R.A Kartini lahir pada tgl yang sama 63th setelahnya ( 21 April 1879)  uhmmmm i wonder apa beliau pernah membaca karya Charlotte Brontë dan terinspirasi ya? Lupakansayahanyangaco.



Selamat berakhir minggu
- Ru-

Comments

  1. Di rumah saya punya beberapa novel Charlotte bronte ini. Sayang sekarang semua hilang entah siapa yang pinjam :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahh sayang banget mba Evi ini kan klasik, saya aja ga pernah lihat di toko buku yg berjudul Shirley dan Vilette, kecuali Wuthering Heights - Emily Brontë:(

      Delete
  2. belum pernah baca tapi kayaknya bagus ya. Agak berat gak sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ga tau kalau terjemahannya ya mbak, tapi aku kesulitan baca Jane Austin hehehehe

      Delete
  3. hmmm baru tau kalo tanggal lahirnya sama kayak ibu Kartini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga baru tau pas baca ttg Charlottë Bronte di wikipedia hehehehe

      Delete
  4. kalo boleh tanya, novel jane eyre ditulis kapan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari penulusarn saya di google beberapa situs menyebut th 1846 mrs.Bronte mulai menulis jane eyre. Sayangnya pencarian saya hanya berdasarkan google. Terimakasih sudah mampir.

      Delete

Post a Comment

Popular Posts