Belajar Ski

Berkunjung ke negeri 4 musim bersalju bisa mencoba untuk belajar bermain Ski saat winter. Setelah saya berNadzar perihal jika bertemu Salju, kali lain karib saya mengajak saya belajar bermain Ski. Urusan ski ini kayaknya disegala penjuru Norwegia atau negeri dengan musim dingin bersalju banyak terdapat arena Ski dan mungkin beberapa diantaranya gratis (CMIIW) .

Di Kongsberg, satu kota kecil dan cantik 2 jam dari Oslo dengan bermobil kami bersiap untuk (belajar) ber-Ski. Kalau menurut kawan saya arena ini ketika musim panas adalah tanah luas lapang.

Menuju arena Ski kami berkendara dengan mobil jalanan ke arena agak menanjak sedikit, mengingatkan saya daerah Batu-Malang yang banyak tikungan dengan pepohonan disisi kiri-kanan jalan. Setibanya di arena ski sebenarnya sudah cukup sore tapi tetap saja ramai pengunjung bermain ski, dari yang usia anak-anak hingga dewasa, dan saya? karib saya memilihkan tanah yang agak landai dan tidak terlalu di dataran tanah yang tinggi kan saya pemula banget, suami karib saya sempat menawarakan "mau belajar disitu?" tunjuknya pada satu arena karib saya tertawa ngakak "dia bercanda Ru, itu untuk anak-anak". Arenanya yang cukup luas ini ada bagian-bagiannya. Ada bagian untuk anak-anak  yang baru mulai belajar ski disekilingnya dipagari semacam jaring pendek saja. Saya tidak melihat anak-anak berlatih disitu, justru anak-anak usia sekolah dasar bermain ski di arena yg sama dengan orang-orang dewasa yang sudah mahir, rasanya malu dengan anak-anak usia sekolah dasar.

Menuju arena Ski
Arena Ski dilihat dari jauh (dari rumah karib saya).
Seorang teman yang lainnya pernah mengatakan "kalau di belanda ibaratnya anak-anak baru brojol (baca=lahir) aja udah bisa bersepeda kayuh roda dua, di Norwegia dan scandinavia lainnya anak baru brojol juga dah bisa main ski!" karena menurutnya rata-rata mereka sudah belajar Ski sejak kecil dan saking populernya ski ini sama kayak berenang kali ya yang musti bisa dikuasain.

Saya juga melihat ada bangunan diujung mungkin semacam restoran/ cafe atau tempat menginap? atau mungkin juga tempat persewaan baju&alat ski seperti yang biasa saya lihat difilm, kamipun tak sempat mampir. Juga ada tiang-tiang berkabel tempat kereta gantung yang akan mengantarkan pengunjung untuk turun dari ketinggian tertentu dan selanjutnya meluncur dengan papan ski di kedua kaki mereka.

Pertama kali seumur hidup saya mencoba bermain ski. saya tidak tahu apakah di arena ini ada semacam tempat persewaan baju& alat ski. Karena karib saya meminjamkan perlengkapan skinya. Apa yang saya butuhkan untuk belajar Ski?, ini adalah beberapa diantaranya,

Baju. Setelan baju& celana khusus ski yang bahannya tebal agak berat memang tapi menghindarkan kita dari hypothermia. Meskipun jaket yang saya gunakan sudang ada topinya namun karib saya menyarankan untuk menggunakan topi musim dingin saya yang bisa menutupi telinga agar tidak terlalu kedinginan karena saya tidak sempat membawa penutup telinga.

Sepatu. Ini juga sepatu khusus yang kalau pemula seperti saya masih musti dibantu teman   untuk memasangnya. Sepatu ini juga tidak akan membuat kita terpeleset di es, ga bisa dibandingin dengan sepatu lari atau sneaker karena sepatu ini lebih berat.

bersiap menggunakan sepatu ski khusus
Papan luncur ski. Papan luncur ski ini sempat berubah dari masa ke masa, kalau membaca dari penelusuran google papan ski ini sempat panjang sekali ukurannya dan ada yang terpendek juga, sampai akhirnya ukurannya seperti yang ada saat ini. untuk memasangnya, kedua  kaki kita yang sudah bersepatu khusus tadi kita letakkan pada papan ski dan tekan dengan telapak kaki bersepatu kita,  kadang saya merasa kesulitan juga rasanya pengen loncat sampe berbunyi "krek" yang tandanya sepatu terpasang aman dipapan luncur.

image source: ngm.nationalgeographic.com
Tongkat.  Untuk bermain ski kita akan membutuhkan dua tongkat. Tongkat ini membantu kita berjalan diatas salju& es. Membantu kita saat mulai meluncur dan berhenti. Tancapkan kedua tongkat pada es dan dorong tubuh kita pelan-pelan meluncur kedepan.


sekalian promo akun IG : @ik_benru
Sarung tangan. Karena saya akan berada diudara terbuka yang sangat dingin maka saya perlu sarung tangan, bukan sarung tangan biasa yang saya gunakan saat jalan-jalan diluar rumah, tapi karib saya meminjamkan sarung tangan khusus bermain ski. Pendekenya urusan bermain ski ini semua perlengkapannya serba khusus untuk melindungi kita dari kemungkinan cedera.

Saat belajar meluncur saya jadi ingat balita belajar berjalan. Ga mudah banget buat saya, saya musti sedikit mendorong tubuh saya dan bertahan pada kedua tongkat yang saya genggam, meluncur pelan pelan dan kerap jatuh dan meski sudah meluncur dan karib saya sering mengingatkan untuk "make a big V" pada prakteknya sulit juga. Bahkan entah bagaimana alih-alih meluncur kedepan saya justru meluncur kebelakang dan karib saya musti mengejar dan menangkap saya, saya tertawa setiap mengingatnya.

Setelah beberapa jam mencoba ski dan sempat merasakan kram pada kaki, saya mengakhiri bermain ski dengan tetap belum bisa meluncur. Ahhh saya payah.

instagram : ik_benru


 Mau coba belajar Ski? :)

- Ru-

Comments

  1. tergantung orangnya Ru... Adhi belajar cuma beberapa jam udah berani naik button lift dan meluncur dari atas kebawah. aku butuh 4 hari :p.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Musti tekad berani kayaknya, adhi ga pake acara sliding mundur kan kayak aku hahahaha

      Delete
  2. Wah Ru, kereeenn sudah mencoba ski. Ngebayangin pasti susah banget ya. Karena aku nyoba main ice skating dua kali disini masih belum lancar2 juga. Karena aku merasa takut juga sih jadinya kok merasa susah. Malah yang pertama yang ngajarin anak umur 4 tahun haha. Dia ngelihat aku kesusahan gitu, trus dia mendekati sambil ngomong dan ngajari cara meluncurnya. Yang ada aku gemesh sama anak ini karena nyenengin caranya ngajarin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Musti punya tekat berani kayaknya den, gemes ya kalo dari kecil aja udah bisa anak-anak 4th- usia SD aja udah bisa main ski bahkan aku lihat mereka sudah bs meliuk-liuk pikirku mereka ini atlit masa depan atau memang atlit diusianya saat ini. Btw anak yg ngajarin kamu baik banget ya "grapyak" (= jawa. Semacam sociable) kurasa dia.

      Delete
  3. Hai Rangi, duh baru sadar nama panggilannya Ru ya?
    Aku belum pernah main ski sampe sekarang, anak anak udah minta minta terus tapi kita belum pernah ngajakin hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, iya Ru tapi Rangi juga ga papa. Ini juga pas lagi kebetulan ke Norway trus diajak belajar ski insha allah kalo ada kesempatan pengen coba lagi. Ayo coba main ski hehehe

      Delete
  4. hemmm, coba lagikak, belajar diIndonesia (bila ada :D)

    ReplyDelete
  5. Membaca Mnak Ru belajar main ski kok lututku yang ngilu. Duh kalau terpeleset pasti sakit banget ya

    ReplyDelete
  6. Keren ya belajar skinya, salut sama keberaniannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mumpung aja ini mba Ely, mumpung ada yg ngajakin

      Delete

Post a Comment

Popular Posts