Serabi nasi


Karena baru beli cetakan serabi persis sebelah pasar beringharjo (ini cerita saya), akhirnya saya cobain aja bikin. Selain ngetes gerabah baru juga coba-coba bikin serabi pake campuran nasi.

Serabi nasi, loh? mirip kue cucur dan putih telur goreng :)
Bicara tentang serabi , saya selalu merasa kudapan ini adalah versi tradisional Indonesia nya pancake, seperti kue cubit jakarta yang menurut saya mirip poffertjes (pancake & poffertjes juga tradisional kan ya?).

Baca-baca resep Serabi di blog mbak yoyen disini plus komen pembacanya yang bicara tentang crumpet saya ingat kawan baik saya menulis resep English crumpet di blognya ini, ada kemiripan antara serabi pancake dan English crumpet menurut saya.

Serabi nasi

Saya bikin Serabi nasi dengan ibu, takarannya asal dikira kira saja, semuanya asal masukin dan adonin.

Nasi & kelapa parut diblender. Tepung beras dan terigu diuleni dengan air panas Yang dimasukkan sedikit demi sedikit , campurkan nasi dan kelapa parut yang sudah diblender pada adonan tepung, tambahkan sedikit garam agar lebih gurih. Aduk aduk sampai licin. Diamkan adonan beberapa menit agar sedikit mengembang (meski tidak memakai pengembang).


Cetakan serabi yang saya beli di pasar beringharjo, bisa juga buat goreng2  atau kuah sayur.
Sambil adonan didiamkan, kami membuat bahan kuah, mencampur santan kelapa gula merah dan sejumput garam ke dalam panci aduk-aduk diatas api.

Cetakan serabi harus panas, cetakan yang tidak panas akan membuat adonan lengket sulit diangkat. Sambil menunggu adonan siap, saya letakkan cetakan diatas kompor sampai cetakan panas. Setelah siap kami masukkan adonan kecetakan gerabah baru kami.

Beberapa kali gagal pinggiran adonan serabi gosong dan ketika diangkat lengket. Setelah beberapa kali cetakan tidak gosong & tidak lengket lagi.

Kali lain kami akan mencoba dg nasi&tepung beras tanpa campuran terigu. Masih belum sempurna memang hasilnya, tapi secara rasa...Enak koq. kalau ada yang bisa berbagi tips monggo silahkan. 

Comments

  1. belon bisa berbagi resep hahaha, masak aja masih belon bisa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga ga bisa mbak non, ini bantuin nyokap dikitdikit dan bantu ngabisin makan serabi yang dah mateng hehehe

      Delete
  2. SETELAH saya baca dan cermati, perut jadi lapar
    a nice post. perfectly. I'm interestedin your article. This is very useful for me. I'm waiting for the next article.Thank you
    Sewa Mobil Surabaya

    ReplyDelete
  3. duhh pengen serabi
    tapi kalo masak kayaknya belum secanggih itu deh
    baru bisa masak soto, rendang, bakso.......dalam bentuk mie instan :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehhe sama aja dengan saya apalagi soto rendang bakso trima instantnya aja

      Delete
  4. Wah percobaan campuran dengan nasi boleh juga. Liat penampilan serabinya oke.
    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo alris, saya sempat mampir blognya tp blum pernah ninggalin jejak. Iya serabi nasi itu biasa dibikin bude dikampung trus ibu saya ikutan bikin malah kalau bude nasinya tidak diblender hanya dialusin pake sendok sampai hancur.
      Salam kenal ya, trimakasih dah mampir

      Delete
  5. Di situbondo serabi nasi marak bahkan di pasar dan pinggir jalan masih banyak yang jual. tidak sulit mendapatkan serabi di Situbondo. kalau di surabaya mulai agak langka. hanya di tempat tertentu saja
    It’s so nice to see you posting again. I have always enjoyed your writings and do miss them. a nice post. perfectly. I'm interested in your article. This is very useful for me. Thank you I'm waiting for the next article.
    SEWA MOBIL DI SURABAYA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow...terimakasih infonya. Jadi bertanya-tanya kira kira apa yg membuat serabi nasi situbondo dan surabaya beda ya?

      Delete
  6. salam kenal, mbaaak :D
    pengen nyobain buat serabinya. tapi ga punya gerabahnya. kalo di teflon bisa ga ya mbak? hihihi :D

    ReplyDelete
  7. Hallo salaam kenal mbak santi saya sudah baca2 blognya, lucu & menyegarkan *minum es :)
    Saya rasa bisa bikin di teflon, bude malah cetaknya di wajan kecil memang sih wajannya cekung. Yaah anggaplah bikin pancake gitu mbak :D

    ReplyDelete
  8. Jadi Kangan sama serabi, InsyaAllah pulang kampung mencicip gurihnya serabi. Etapi, dicampr nasi? baru tahu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba bikin sendiri mbak Zulfa, bahannya insha allah kan ada di India, cetakannya pake wajan kecil cekung saja kalau ada, iya dicampur nasi ini mah :)

      Delete

Post a Comment

Popular Posts