Mie Aceh : things im gonna miss

Ada 2 jenis makanan yang saya pikirkan kemarin, kebab dan mie aceh lagi pengen banget makan keduanya atau salah satunya. Sudah berencana dengan kawan baik saya melipir di mall buat makan kebab apa daya hujan turun menjelang sore disertai angin kencang dan petir. Ya sudahlah memang manusia hanya berencana Tuhan pula yang memutuskan :) .

kesampingkan kebab, mie aceh saja dulu. Sejak pertama datang ke Jakarta bertahun tahun lalu saya beruntung bisa nyicipin mie aceh, sejak kecil saya memang suka makanan dari mie-mie an begini,  mie ayam, mie aceh mie celor soto mie.


Mie aceh ini benar benar kebayang bayang (ibu saya ga suka kalo saya kepinginan hahaha) sadar kalo nyari mie aceh gak mudah dari tempat saya ya sudah dibayangkan saja.

Terakhir makan mie aceh di Blok M, warungnya dah kesohor dah lama banget warung ini ada bertahan sampai sekarang berjualan makanan khas aceh, beberapa kali mampir kesini yang selalu saya order hanya mie aceh dan es teh manis.

Mie aceh Blok M
Apa yang spesial dari mie aceh buat saya? Rasa kuahnya dengan bumbu kari komplit. Spesial. Mie kuning tebal dengan irisan daging sapi, kambing atau makanan laut seperti udang&cumi bumbu karinya yang berasa banget gurih pedas lebih mantab. Aromanya benar benar menggoda, perut langsung keroncongan lapar ingin segera melahap mie nya.

Ada dua jenis mie aceh, goreng dan kuah. Tentu saja saya lebih memilih yang kuah karena biasanya saya akan habiskan kuahnya dahulu. Ada taburan bawang merah, mentimun kadang juga acar mentimun&wortel di beberapa warung yang pernah saya singgahi plus emping belinjo.

Konon menurut wikipedia Mie aceh ini merupakan perpaduan budaya kuliner masyarakat aceh dengan pengaruh asing. Kuah kari / curry nya merupakan pengaruh India, mie dari China, daging sapi atau kambing menunjukkan nilai makanan halal secara Islam, makanan lautnya menunjukkan letak geografis Aceh yg berada diantara selat malaka, laut andaman dan samudra indonesia juga menunjukkan cara hidup mayoritas rakyat Aceh yang pedagang, petani dan nelayan. Luar biasa kuliner Indonesia.

Saya masih pengin makan mie aceh nih. Things im gonna miss, kalau insha allah saya tidak tinggal disini lagi mie aceh adalah salah satu makanan yang akan selalu saya kangenin.

Cita-cita kalau insha allah nyampe ditanah Aceh ini menu yang wajib dicoba. Info saya ga detail seada-adanya yang saya tau aja, kalau ada yang ngerti paham soal kuliner ini monggo share.

Comments

  1. Replies
    1. Iya nih Medan kayAknya kulinernya juga mantabs, insha allah :)

      Delete
  2. Mie Aceh yang suka yang mie goreng+daging+udang, ditambah jus timun, mantaap.
    semoga kesampaian ke Aceh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah jus timun ini yg saya blum pernah coba, masukin list. Amiin trimakasih doanya :)

      Delete
  3. Aku juga suka yang tipe kuah mbak.. Dan sama deh sama mbak Ru kuahnya bakal habis lebih dulu :D Dulu waktu ngekos di daerah Darussalam Banda Aceh aku sampe bosan makan mie Aceh, soalnya itu jajanan terdekat dari kos dan ada dimana-mana. Sekarang rindu..... banget tapi nggak bisa masak sendiri :(

    Yukk ke Aceh bareng?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ngebayangin mie aceh yg mbak haya bilang ada dimana mana tuh kayak jajanan bakso. Mie aceh nih kategori memasak berat krn bumbu rempahnya komplit, saya yg bagian makannya aja hahaha.
      Amiin insha allah bisa bareng ke aceh ya :)

      Delete
  4. Saya juga penyuka Mie Aceh. Bumbunya yang pekat atau karinya, entah yang mana, pokoknya setuju dengan Mbak Roes bahwa makanan ini ngangenin :)

    ReplyDelete
  5. Hmm ... aman2, selagi BB msh normal ngetemil teruuusss...

    ReplyDelete
  6. Hehehe namanya juga cemilan mbak :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts